Selasa, 27 Juli 2010

Sejarah Internet 1957-2010 | Pengertian Internet, WWW | Terlengkap

Sejarah Internet 1957-2010 | Pengertian Internet, WWW | Terlengkap

Sejarah Internet , berikut Pengertian Internet, Pengertian WWW, artikel terbagi 5 Bagian yang berurutan sesuai Perkembangan Internet dari tahun 1957-2010 dalam sejarah Internet.

Sejarah Internet 1957-2010 | Pengertian Internet Pengertian WWW

Pengertian Internet

Jaringan global yang menghubungkan jutaan komputer. Lebih dari 100 negara terhubung ke pertukaran data, berita dan opini. Tidak seperti layanan online, yang dikontrol secara terpusat, Internet telah didesentralisasikan oleh desain. Setiap komputer Internet, disebut host, bersifat independen. Setiap operator dapat memilih layanan Internet yang digunakan dan layanan lokal untuk membuatnya tersedia bagi komunitas Internet global.

Ada berbagai cara untuk mengakses Internet. Kebanyakan layanan online, seperti America Online, menawarkan akses ke beberapa layanan Internet. Hal ini juga memungkinkan untuk mendapatkan akses melalui layanan Internet komersial Provider (ISP)

Pengertian WWW (World Wide Web)

WWW atau World Wide Web adalah Jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks dan grafis, suara, dan animasi sumber daya melalui hypertext transfer protoco

Sejarah Internet Sumarry

Sejarah Internet 1957-2010 | Pengertian Internet, WWW | TerlengkapInternet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPAyang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardwaredan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Sejarah Internet 1957-2010 | Pengertian Internet Pengertian WWW

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara,University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulanOktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Via:wikipedia

Sejarah Internet 1957-1973

1957

Uni Soviet USSR meluncurkan Sputnik, satelit bumi buatan manusia pertama. Sebagai respon nya, Amerika Serikat membentuk Advanced Research Projects Agency (ARPA) di Departemen Pertahanan, Department of Defense (DoD) dibentuk agar AS bisa tetap memimpin di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa diaplikasikan bagi kebutuhan militer

Sejarah Internet 1957-2010 | Pengertian Internet Pengertian WWW

1962

Paul Baran, dari RAND Corporation (institusi pemerintah), ditugaskan oleh US Air Force untuk melakukan studi tentang bagaimana supaya dapat mempertahankan komando dan kontrol atas peluru kendali atu rudal dan pesawat pembom, setelah serangan nuklir.

Ini merupakan penelitian militer mengenai sebuah system jaringan yang bisa bertahan dari serangan nuklir, system jaringan ini ter desentralisasi, sehingga jika ada lokasi (kota) di Amerika Serikat diserang, militer masih bisa memiliki kontrol atas senjata nuklir untuk serangan balasan.

Baran menyelesaikan dokumen yang menggambarkan beberapa cara untuk melakukannya. proposal terakhirnya adalah paket switched jaringan. atau packets switched Network.

Sejarah Internet 1957-2010 | Pengertian Internet Pengertian WWW

Cara kerja Switching paket adalah memecah data ke dalam datagrams atau paket yang diberi label untuk menunjukkan asal dan tujuan informasi dan penyampaian paket ini dari satu komputer ke komputer lain sampai informasi yang tiba di komputer tujuan akhir.

Hal ini bisa diwujudkan dengan membangun sebuah jaringan komputer. Jika ada paket yang hilang pada suatu titik tertentu, pesan dapat dikirim ulang oleh originator data awal. ”

1968

ARPA menyerahkan kontrak ARPANET untuk BBN. BBN memilih komputer mini Honeywell sebagai perangkat dasar mereka untuk membangun Switch. Jaringan fisik dibangun pada tahun 1969, menghubungkan empat nodes: University of California di Los Angeles, SRI (di Stanford), University of California di Santa Barbara, dan University of Utah. Jaringan itu terhubung bersama-sama melalui circuit berkecepatan 50 Kbps.

Sejarah Internet 1957-2010 | Pengertian Internet Pengertian WWW

1972

Sejarah Internet 1957-2010 | Pengertian Internet Pengertian WWWProgram e-mail pertama diciptakan oleh Ray Tomlinson dari BBN.

Advanced Research Projects Agency (ARPA) diganti namanya menjadi The Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA)

ARPANET saat itu telah menggunakan Network Control Protocol atau NCP untuk mentransfer data. Hal ini memungkinkan komunikasi antara host yang berjalan pada jaringan yang sama.

1973

Sejarah Internet 1957-2010 | Pengertian Internet Pengertian WWWPengembangan dimulai pada protokol jaringan yang dimasa kini disebut dengan TCP / IP, ini dikembangkan oleh sebuah kelompok yang dipimpin oleh Vinton Cerf dari Stanford dan Bob Kahn dari DARPA.Protokol baru untuk memungkinkan beragam jaringan komputer untuk terhubung dan berkomunikasi satu sama lain.

Via:[Davesite.com]

fr.

0 komentar:

Posting Komentar