Sabtu, 24 Juli 2010

Nabi Saja Menangis, Kenapa Anda Tidak?


Rasul Muhammad menangis semalaman menerima wahyu ilmu pengetahuan Tidak pernah rasulullah saw menangis sehebat itu. Bahkan ketika kehilangan orang-orang yang sangat dicintainya.Ataupun ketika beliau mengalami tekanan-tekanan yang sangat berat dari kaum kafir yang menentangnya. Tangisan rasulullah yang berlangsung semalaman terjadi sesaat setelah beliau menerima wahyu dari Allah, Sang Maha Berilmu,sebagaimana disebut dalam QS.Ali Imran:190-191 yang artinya sebagai berikut:

Sesungguhnya didalam penciptaan langit dan bumi dan pergantian siang dan malam hari terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi (orang yang disebut) Ulil Albab.Yaitu orang-orang yang selalu ingat kepada Allah dalam keadaan berdiri,duduk, dan berbaring dan ia selalu berpikir tentang penciptaan langit dan bumi.Kemudian dia mengatakan : Ya Tuhanku tidak ada yang sia-sia segala yang kau ciptakan ini.Maha suci Engkau,maka hindarkanlah kami dari siksa api neraka.”

Di ceritakan,suatu ketika bilal seperti biasa mengumandangkan adzan shubuh.Biasa nya sebelum adzan selesai,rasulullah sudah berada didalam masjid untuk kemudian memimpin sholat berjamaah bersama para sahabat, Namun tidak seperti biasanya,rasulullah belum hadir meskipun bilal sudah menyelesaikan kalimat terakhir adzannya.

Ditunggu bebrapa saat oleh bilal dan para sahabatnya,rasulullah juga tidak muncul di masjid.Akhirnya,karena kawatir terjadi sesuatu ,maka bilal pun memutuskan menjemput nabi,yang rumahnya bersebelahan dengan masjid tersebut.

Pintu bilik rumah nabi diketuk-ketuk oleh bilal sambil mengucapkan salam.Tidak langsung ada jawaban dari dalam bilik.Namun sejurus kemudan mempersilakan bilal masuk .
Apakah yang dilihat bilal?Ia melihat nabi dalam keadaan yang sangat mengharukan.air mata berlinangan di pipi beliau.Matanya sembab menunjukkan betapa beliau telah mensngis cukup lama semalaman.

Karena kawatir melihat kondisi nabi,maka blalpun bertanya kepadabeliau.”Ada apakah gerangan sehingga rasulullah menangis seperti itu.apakah nabi sakit. Atau nabi ditegur oleh Allah.Ataukah ada kejadian hebat lainnya?” Maka rasulullah menjawab bahwa beliau semalam telah menerima wahyu dari Allah QS ali imran 190-191 tersebut diatas.

Marilah kita lihat keajaiban penciptaan langit dan bumi.
Pernahkah kita keluar dimalam hari.di tempat yang terbuka dn sedikit gelap arahkan pandangan ke langit.Kalau langit sedang cerah,kita akan bisa melihat bintang-bintang bertaburan diangkasa raya.

Pernahkah kita bayangkan bahwa bintang-bintang itu adalah matahri seperti matahari yang kita miliki di tat surya kita. Karena begitu jauhnya jarak matahari itu dengan bumi kita,maka a kelihatan sangat kecil dan berkedip-kedip.tapi sesungguhnya bintang-bintang itu adalah matahari.bahkan banyak yang ukurannya jauh lebih besar dari matahari kita.

Matahari yang kita miliki ini diameternya sekitar 200 kali bumi.isinya adalah gas hydrogen yang sedang bereaksi secara termonuklir menjadi gas helium.sedangkan bintang-bintang itu ada yang besarnya berpuluh kali dibandingkan dengan besarnya matahri kita. Yang paling besar diketemukan oleh astronom adalah bintang Mu-Cepe, yaitu skitar 1500 kali matahari kita,alias ratusan ribu kali besarnya bumi.

Begitu besar ukurannya tetapi kelihatan begitu kecilnya.Ya, semua itu karena jarak bintang-bintang itu sangat jauh dari bumi.Berapa jarak bintang yang paling dekat dengan bumi?informasi astronomi mengatkan jaraknya sekitar 8 tahun cahaya.apakah artinya cahaya saja membutuhkan waktu 8 tahun untuk menuju bintang yang paling dekat itu.

Jadi berapa kilometer? Mari kita hitung. Kecepatan cahaya adalah 300.000 km/detik.jadi kalau cahaya membutuhkan waktu 8 tahun,berarti jaraknya adalah 8 th x 365 hr x 24 jam x 60 menit x 60 detikx 300.000 km = 75.686.400.000.000 km atau sekitar 75 triliun kilometer.sungguh jarak yang tidak pernah terbayangkan dalam kehidupan kita.

Bisakah kita pergi kesana? Di atas kertas mungkin saja. Tetapi memakan waktu berapa lama? Marila kita hitung. Andaikan sja kita naik pesawat ulang alik challenger atau Colombia yang mempunyai kecepatan 20 ribu km per jam. Berap lama kita akan sampai di bintang tersebut?.
Ternyata kita membutuhkan waktu 428 tahun kita baru sampai di sana.kita membutuhkan 5-6 generasi untuk sampai di sana.Subhanallah………

Padahal jumlah bintang di alam semesta ini triliunan.sehingga bumi yang kita tinggali ini juga tidak ada apa-apanya. Bumi bagaikan sebuah debu di hamparan ‘jagad padang pasir’ semesta. Di atas bumi yang bagaikan debu itulah miliaran manusia hidup dengan segala aktifitas dan kesombongannya! Masya Allah, sungguh begitu kecil kita dan luar biasa dahsyatnya kekuasaan Allah. Sungguh wajarlah bila nabi menjadi tersedu sedu ketika menerima wahyu tentang kekuasaan Allah tersebut diatas.

Ada lagi yang sangat unik ketka mengamati bintang-bintang di angkasa . Sebagaimana kita telah bahas di atas bahwa bintang-bintang itu jaraknya sangat beragam, mulai dari matahari yang jaraknya 8 menit cahaya, bintang yang berjarak 8 tahun cahaya, sampai yang berjarak 10 miliar tahun cahaya.

Pernahkah anda bayangkan, bahwa matahari yang kita lihat setiap pagi itu adalah matahari 8 menit yang lalu? Bukan matahari yang sekarang! Kenapa demikian? Ya, karena sinar matahari memrlukan waktu 8 menit untuk mencapai bumi, yang berjarak 150 juta km dari matahari. Berati matahri yang kita lihat pada saat itu adalah matahri 8 menit yang lalu! Aneh bukan?
Begitu juga ketika kita melihat bintang yang berjarak 8 tahun cahaya.Bintang yang sedang kita lihat itu bukanlah bintang pada saat ini melainkan bintang pada saat 8 tahun yang lalu. Karena sinar yang sampai di mata kita itu adalah sinar yang sudah melakukan perjalanan sejauh 8 tahun cahaya. Bukankah sinar butuh waktu untuk menempuh jarak?

Tidak berbeda dengan bintang-bintang yang berjarak lebih jauh lagi. Kalau kita mengamati bintang berjarak 100 juta tahun cahaya, maka sebenarnya yang sedang kita aamati adalah kondisi 100 juta tahun yang lalu.

Jadi kalau kita amati bintang-bintang pada malam hari,sebenarnya kita bukan melihat langit yang sekarang saja. Tetapi pada saat bersamaan sedang melihat langit sekarang,langit 1000 tahun yang lalu, langit 1 juta tahun yang lalu, dan bahkan langit 10 miliar tahun yang lalu…..! Subhanallah…….

Sungguh kekuasaan Allah sangatlah besar terhadap ala semesta ini termasuk kta di dalam bumi yang seperti debu ini di hamparan jagad padang pasir semesta.MAka sangatlah tidak sepantasnya kita berlaku sombong dan membangga-bangakan diri. Astaghfrullah Adziim. Aku memohon ampunan kepada Allah atas dosa ku selama ini.

(di tulis pada malam ke 16 ramadhan oleh Didik Sugiarto,dikutip dari buku : Pusaran energi ka’bah karya Agus Mustofa) semoga bermanfaat bagi kita semua.

fr. http://www.didiksugiarto.com

0 komentar:

Posting Komentar