Selasa, 20 Juli 2010

Penyebab Haid Tidak Lancar?



Tanya

Apa yang menyebabkan haid tidak lancar ?
Kadang-kadang satu tahun sekali, kadang tiga bulan sekali ?
Lalu Apa obatnya ?


Terima kasih

Jawab

Haid yang normal siklusnya berkisar antara 20-40 hari, serta lamanya dua hingga delapan hari. Siklus tersebut terjadi akibat adanya sejumlah hormon yang beredar dalam tubuh dalam suatu siklus tertentu.

Siklus hormon tersebut merupakan hasil darisuatu kerjasama antara otak kita, kandung telur, kelenjar-kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid. Sehingga bila terjadi gangguan dalam peredaran hormon-hormon tersebut maka akan mengakibatkan terganggunya siklus menstruasi.

Banyak sekali hal yang mempengaruhi peredaran hormon tersebut, hal yang cukup sering terjadi adalah stres fisik maupun emosional. Sehingga biasanya saat tubuh seseorang sedang dalam keletihan ataupun sedang mengalami masalah psikologis yang cukup berat biasanya juga mengalami gangguan siklus menstruasi.

Namun biasanya gangguan menstruasi ini bersifat sementara. Penyebab gangguan siklus menstruasi yang lain misalnya berat badan yang terlalu berlebih atau berat badan yang terlalu rendah. Gangguan berat badan ini dapat menyebabkan gangguan dalam metabolisme lemak yang akan mempengaruhi kadar estrogen dalam tubuh.

Penyebab lainnya ketidakseimbangan hormonal yang akan mempengaruhi siklus menstruasi. Ketidakseimbangan hormonal ini bisa disebabkan karena adanya gangguan di organ-organ penghasil hormon di atas, namun kadangkala tidak bisa ditentukan penyebabnya. Untuk mengetahui adanya ketidakseimbangan hormonal ini perlu dilakukan pemeriksaan kadar berbagai jenis hormon di laboratorium.

Siklus menstruasi Anda sangat memanjang, dan biasanya siklus yang panjang seperti itu tidak didahului oleh keluarnya sel telur. Untuk itu anda perlu mencari tahu penyebab gangguan siklus menstruasi tersebut agar dapat diatasi dan sistem reproduksi anda kembali sehat.

Anda dapat menghubungi dokter kebidanan untuk berkonsultasi lebih lanjut.

http://www.gado--gado.co.cc

0 komentar:

Posting Komentar