Sabtu, 15 Januari 2011

SIMFes 2010 "Opening"

SIMFes 2010 : Musisi Mongolia Tampil Memukau


SIMFes 2010 : Musisi Mongolia Tampil Memukau
SAWAHLUNTO, SO--Walikota Sawahlunto Amran Nur, membuka secara resmi pagelaran akbar bertajuk Sawahlunto International Music Festival (SIMFes) 2010, di Museum Gudang Ransoem, Jumat malam (3/12). Iven ini dijadwalkan akan berlangsung hingga 5 Desember mendatang.

Dalam ajang SIMFes 2010, pemerintah kota Sawahlunto melalui Dinas Pariwisata dengan korator Edi Utama menghadirkan sejumlah musisi berkelas dunia asal tiga benua yakni Asia, Afrika dan Eropa dari lima benua yang telah direncanakan.

Dalam sambutannya, Amran Nur mengaku bangga atas terselenggaranya event tersebut, yang secara langsung dapat mengangkat nama kota Sawahlunto ke dunia internasional.

"Dari kota yang diisukan hampir mati ini, saya sangat bangga dengan terselenggaranya SIMFes 2010 yang dapat mengangkat Sawahlunto kedunia Internasional. Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada korator Edi Utama yang telah berhasil mendatangkan musisi-musisi kondang dari berbagai belahan dunia ke kota ini, yang secara langsung dapat menjadikan promosi wisata kita," ungkap Amran Nur.

Selain itu, Amran Nur juga mengucapkan terima kasih kepada pihak DPRD yang telah menyetujui anggaran agar SIMFes 2010 dapat dilaksanakan sebagai agenda tahunan.

Menandai dibukanya secara resmi ajang tersebut, Amran Nur didampingi Wawako Erizal Ridwan bersama Kadinas Pariwisata, Gusrial dan juga korator Edi Utama, secara bersama-sama memukul gendang.

Usai dibuka Amran Nur, acara tersebut diawali dengan penampilan Karawitan dari anak-anak SMAN II Sawahlunto, yang pada festival karawitan se Sumatra beberapa waktu lalu berhasil meraih gelar juara pertama.

Selanjutnya, acara disusul dengan penampilan luar biasa dari para remaja asal Kepulauan Mentawai, yang beberapa waktu lalu terkena musibah gempa dan Tsunami. dari penampilan apik dan sangat menarik yang dipertontonkan remaja Mentawai itu, tak ayal, aplouse meriahpun membahana di Museum Gudang Ransoem.

Sementara itu, warga kota Sawahlunto yang penasaran dan terlihat sabar menunggu aksi para seniman atau musisi level dunia, tampak terkagum-kagum saat musisi asal Mongolia, Sangerel Tserevsamba tampil dengan sangat memukau.

Meski dengan bahasa yang tak dimengerti, namun warga kota ini tampak puas dengan hadirnya seniman tingkat dunia yang menurut sejumlah warga Sawahlunto, selama ini hanya bisa melihat dilayar kaca. AP

fr.
http://www.sumbaronline.com

0 komentar:

Posting Komentar