Sabtu, 15 Januari 2011

Halo-Halo Via Internet Dengan Skype


Bagi Anda yang tinggal jauh dari sanak saudara, komunikasi melalui telepon bisa menjadi obat pelepas rindu yang cukup ampuh. Tapi biaya yang mesti dikeluarkan tentu tidak sedikit, apalagi jika harus menggunakan SLJJ atau SLI. Nah, supaya lebih hemat, Skype bisa dicoba. Anda cuma perlu menyediakan koneksi internet. Selain PC dan headset (dengan fungsi mikrofon dan speaker).

Skype adalah aplikasi komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer) gratisan. Ia bisa dimanfaatkan untuk menghubungi/menerima dari/ke telpon, Anda mesti membeli credit skype. Harganya relatif murah, rata-rata satu sen USD (sekitar Rp. 90) per menit. Setelah kredit terisi, barulah Anda bisa halo-halo kemana saja, termasuk negara lain. Asyiknya, jika hanya digunakan untuk berkomunikasi antar pengguna Skype, Anda tidak akan dikenai biaya, layaknya melakukan Voice Vhat via Yahoo Messenger.

Skype menawarkan kualitas suara yang lebih jernih dan jelas jika dibandingkan dengan komunikasi lewat internet seperti Voice Chat via Yahoo! Messenger, lho. Pun penggunaan software ini tidak memerlukan bandwith dan kecepatan internet yang kencang. Asalkan koneksi internet yang Anda pakai cukup stabil, dengan kisaran kecepatan 33,6 kbps. Anda sudah bisa halo-halo dengan suara jelas.

Pengguna Skype menambahkan integrasi Facebook

skype facebook


Skype telah merilis sebuah fitur untuk Windows untuk panggilan video multi-kelompok, dan memungkinkan pengguna untuk menghubungi teman-teman Facebook mereka secara langsung.

Skype 5.0 mengintegrasikan fitur-fitur jaringan sosial dari Facebook dengan komunikasi IP Skype, dan membuka grup video versi beta kepada masyarakat umum yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan hingga 10 orang pada waktu yang bersamaan.

Skype baru untuk Windows memungkinkan pengguna tetap up-to-date dan berinteraksi dengan Facebook mereka untuk pertama kalinya, dan terintegrasi dengan pendukung Buku telepon Facebook yang berarti bahwa pengguna dapat menelepon dan mengirimkan pesan teks kepada teman-teman mereka secara langsung, kata Skype.

Perusahaan ini menyatakan bahwa panggilan video semakin populer, terhitung sekitar 40 persen dari seluruh waktu jaringan Skype pada 6 bulan pertama di tahun 2010.

Menelepon Murah dengan Skype

Skype menawarkan layanan telepon via VoIP (voice over Internet protocol), sehingga untuk SLI (sambungan langsung internasional) dan interlokal hanya dikenai biaya lokal untuk akses Internet. Skype juga bisa diaplikasikan di PDA dan smartphone.Memanfaatkan jaringan Internet buat menelepon mungkin sudah sering kita dengar, tapi agaknya baru sebagian kecil saja yang pernah mencobanya. Maklum usaha buat memasyarakatkan teknologi telepon lewat Internet?atau yang sering disebut voice over IP (VoIP) pada awalnya menghadapi banyak masalah.

Perusahaan yang ingin menawarkan jasa ini dianggap sebagai operator telepon dan karena itu harus mendapat izin. Harap diingat dulu cuma Telkom yang boleh memberi layanan telepon dan karena itu VoIP dianggap ilegal. Hal ini sangat disayangkan karena teknologi VoIP menawarkan jasa telepon dengan biaya yang lebih murah. Walaupun demikian, saat ini teknologi itu sudah dirangkul oleh beberapa operator telepon yang punya izin?yang ikut menentang VoIP pada awal perkenalannya.

Penggunaannya memang baru terbatas pada sambungan langsung internasional (SLI), misalnya 016 yang ditawarkan Indosat dan 017 dari Telkom.

Tapi sebenarnya kita bisa bertelepon murah tanpa harus menggunakan kedua operator resmi ini. Syaratnya cuma komputer, aplikasi yang sesuai, serta sambungan Internet yang memadai, serta periferal seperti headphone/mikrofon.

Beberapa aplikasi Instant Messenger sudah menawarkan fitur suara (voice chat) yang bisa dimanfaatkan buat bertelepon lewat Internet. Tapi aplikasi gratis yang memusatkan perhatian pada komunikasi suara seperti Skype masih jarang.

Salah satu keunggulan Skype yang menarik adalah kemampuannya untuk dipasang di banyak platform. Anda bisa menginstalasinya di komputer dengan sistem operasi Windows (2000 dan XP), MacOS X serta Linux?tiga sistem operasi paling populer di dunia.

Walaupun Skype awalnya berasal dari komputer, saat ini tersedia pula versi Pocket PC aplikasi VoIP ini. Artinya jelas buat pengguna PDA atau smartphone berbasis Windows Mobile dengan fasilitas Wi-Fi dan kebetulan berada pada daerah hotspot (lokasi yang menyediakan layanan sambungan Wi-Fi): menelepon dengan biaya lebih murah.

Sayangnya?buat pengguna di Indonesia, saat ini Skype hanya bisa digunakan untuk menelepon sesama anggota Skype saja. Dengan kata lain bila rekan Anda tidak menggunakan Skype, Anda tidak bisa menghubunginya. Jelas ini membatasi penggunaan Skype.

Sebenarnya Skype punya layanan untuk menelepon ke telepon biasa, baik telepon tetap (pontap) maupun ponsel. Layanan ini disebut SkypeOut. Menurut situs Skype, Indonesia sudah termasuk dalam negara yang bisa dicapai oleh SkypeOut.

Tarif yang diberlakukan tidak tergantung jarak, tetapi hanya berbeda untuk tiap negara. Contohnya untuk menghubungi telepon di Jakarta menggunakan layanan SkypeOut, Anda harus menghabiskan uang sekitar Rp 453 per menit, terlepas apakah Anda menelepon dari Jakarta juga atau dari kota lain. Tentunya tarif ini jauh lebih menarik apabila Anda ingin berbicara dengan teman atau keluarga di luar negeri.

Pada beberapa negara, pengguna telepon biasa dapat menelepon pengguna Skype. Layanan ini disebut SkypeIn. Layanan ini baru tersedia di Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Hong Kong, Denmark, Swedia, Finlandia dan Polandia. Indonesia belum termasuk.

Tarif yang harus dibayar pengguna telepon tetap ke nomor Skype sama dengan tarif telepon biasa di negara tersebut. Selain harus mendaftar dan men-download aplikasi Skype, Anda perlu membeli kredit (seperti pulsa) dari situs Skype. Pembayaran dilakukan melalui kartu kredit. Karena penggunaan kartu kredit dari Indonesia sering bermasalah, ada kemungkinan Anda akan menemui kesulitan menggunakan layanan SkypeOut.

TERMINOLOGI

Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara [1] . Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay

pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.

Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar.

Hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna.

Keunggulan

  1. Komunikasi global dan lokal yang lebih ekonomis melalui suara atau konferensi video. Sebagai ilustrasi pada tahun 2007 perbandingan menelpon ke Amerika dari Indonesia adalah Rp.6,640,-/ menit [2] sedangkan dengan menggunakan skype, aktivitas ini didapatkan gratis (untuk sesama pengguna skype) dan berbayar bila skype digunakan untuk menelpon ke pesawat telpon genggam: Rp. 1,593/ menit atau pesawat telpon rumah: Rp. 423/ menit [3]. Komunikasi menjadi lebih murah dan terjangkau. Konferensi bisa dilangsungkan antar pengguna (dua orang) sampai dengan lima pengguna sekaligus.
  2. Penggunaannya yang mudah. Untuk pengguna yang telah biasa menggunakan pengirim-penerima pesan instan internet, perangkat lunak skype akan dirasakan mudah. Pengguna hanya diharuskan untuk memiliki komputer dengan spesifikasi teknis tertentu, headset (yang memiliki mike dan speaker), serta sambungan internet.
  3. Kualitas suara yang lebih baik dibandingakan VoIP pendahulunya. Kegunaan dasar pembicaraan telepon melalui komputer di mana pun pengguna berada (dengan koneksi internet) secara gratis.
Sumber:
http://raasya.wordpress.com
http://ictfiles.com
http://herirembo.wordpress.com
http://id.wikipedia.org



0 komentar:

Posting Komentar